Senin, 23 Juli 2012

Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
http://4.bp.blogspot.com/-o2RFfNl1yvY/UA0ENKwNU7I/AAAAAAAAAAM/Zrq60kxfHA4/s1600/images+%281%29.jpg

Pada tahun 1944 keperkasaan Jepang di Asia-Pasifik mulai dapat di patahkan oleh pasukan sekutu.   Karena situasi yang sangat tidak mengguntungkan itu ,maka Perdana Menteri Jenderal Kuniako Koiso pada tanggal  7 september 1944 berjanji akan memberi janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia di kelak kemudian hari nanti . sebagai bukti janji tersebut, maka tgl 1 maret 1945 jepang membentuk Dokuritsu Zumbi Cosakai (BPUPKI) serta pada tgl 7 agustus di bentuk Dokuritsu Zumbi Inkai (PPKI).
Pada tgl 6 agustus 1945 sebuah bom atom di jatuhkan diatas kota Hirosima jepang,,lalu disusul tgl 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki jepang. Pada tanggal itu juga Panglima Angkatan Perang Jepang di Asia Tenggara Marsekal Terauchi memanggil tokoh- tokoh nasionalis seperti  ir soekarno,Drs moh. Hatta,serta dr. radjiman wedyodiningrat untuk  datang kedalat,Vietnam.
 Mereka dikabarkan bahwa pasukan jepang sedang diambang kekalahan dan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.
Sementara itu , di Indonesia sutan syahrir telah mendengar berita lewat radio BBC bahwa jepang tellah menyerahkan kepada sekutu pada tanggal 15 agustus 1945.itulah saat – saat yang di tunggu banggsa Indonesia untuk segera merdeka dan lepas dari belenguu penjajah.
Para pemuda Indonesia menemui Ir. Soekarno dan Drs moh hatta untuk segera memproklamasikan Indonesia tanpa harus menunggu perintah dari jepang,akan tetapi Ir soekarno dan Drs.moh hatta menolaknya. Ir soekarno bersedia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia jika telah mengadakan pertemuan dngan anggota PPKI pada tgl 18 agustus nanti.
Penolakan ir soekarno dan moh hatta tidak mematahkan semangat para pemuda,maka atas inisiatif  Chaerul saleh pda tgl 15 agustus 1945 diadakan pertemuan  di ruang lembaga Bakteriologi di pegangsaan Timur. Rapat tersebut memutuskn bahwa kemerdekaan adalah hal dan soal rakyat indoneesia sendiri  tidak dapat di gantungkan kepada orang lain
 Hasil rapat tersebut tersebut disampaikan kepada  Ir.soekarno dan mengatakan bahwa pemuda menunut agar proklamasi di kumandangkan besok pagi pada tanggal 16 agustus 1945.tetapi pada saat itu terjadi perdebatan antara golongan muda dan tua.akhirnya,,untuk mnghadapi situasi ini para pemuda memutuskan agar Ir soekarno diasingkan ke Rengasdengklok dengan tujuan agar tidak mendapat pengaruh dari jepang.pada tgl 16 agustus 1945 pukul 04.00WIB penculikan dilaksanakan. Ir soekarno ,Drs Moh Hatta, Fatmawati, dan Guntur Soekarno Putra dibawa  ke Rengasdengklok dengan dikawal oleh sukarni ,yusuf kunto dan shodanco singgih .melalui peembicaraan antara shodanco singgih dengan  bung karno, beliau bersedia memproklamasikan kemerdekaan setelah kembali ke Jakarta.
 Setelah melalui shodanco  subeno akhirnya melepaskan soekarno hatta untuk di bawa ke Jakarta, setelah ahmad subarjo menjanjikan bahwa kemerdekaan proklamasi Indonesia akan di laksanakan besok jam 06.00 pagi di Jakarta . Mr subardjo memberikan jaminan bahwa jika proklamasi itu tidak dilaksanankan  ia bersedia ditembak mati.
 Perumusan teks proklamasi dilaksanakan dirumah Laksamana Tadhasi Maeda di Jalan Imam bonjol 1,Jakarta pada tanggal 16 agustus 1945 pukul 23.00 WIB. Laksamana Maeda menyediakan tempat di ruang makan dan ditempat itulah proklamasi disusun. Achmad subardjo mengusulkan kalimat pertama yang berbunyi
kami bangsa Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaan Indonesia “kalimat kedua diusulkan oleh soekarno yang berbunyi “hal hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain lain akan diselenggaran dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”
kedua kalimat tersebut digabungkan dan disempurnakan oleh Hatta serta ditulis oleh soekarno.lalu Ir soekarno  meminta sayuti  melik untuk mengetik ulang naskah proklamasi yang telah disetujui itu.naskah proklamasi yang telah diketik ditanda tangai oleh Soekarno-Hatta Atas Nama Bangga Indonesia.
Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia semula direncanakan akan dilaksanakan di lapangan Ikada, tetapi di alihkan ke kediaman insinyur Soekarno di jalan Pegangsaan timur nomer 56 Jakarta . hal ini dikarenakan dilapangan ikada sudah berkumpul pasukan jepang bersenjata lengkap,sehingga dikawatirkan terjadi bentrokan antara tentara rakyat dan tentara jepang.
 Menjelang pukul 10.00 WIB para tokoh pergerakan nasional mulai berdatangan ke kediaman Ir soekarno .setelah teks proklamasi selesai dibacakan kemudian dikibarkan bendera sangsaka merah putih oleh suhut dan dibantu oleh shodanco latif  hendranigrat. Ketika bendera merah putih dikibarkan, secara sepontan para hadirin menyanyikan lagu  Indonesia Raya ciptaan W.R Supratman.
Dengan berakhirnya upcara pembacaan teks proklamasi kemerdekaan, maka   secara resmi Indonesia menyatakan bebas dari belenggu penjajah dan menjadi Negara merdeka.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar